SKP I Bandung Musnahkan 76 Paket Ilegal yang Berpotensi Membahayakan Masyarakat

tanduk

pemusnahan1

BANDUNG – Pada hari Senin tanggal 22 Agustus 2016, petugas karatina SKP I Bandung melakukan pemusnahan terhadap 76 paket media pembawa (MP) illegal dari Wilayah Kerja Kantor Pos MPC Bandung dan Bandara Husein Sastranegara Bandung. Paket–paket illegal tersebut dikirim dari luar negeri tanpa disertai dengan dokumen karantina yang sah sehingga berpotensi membahayakan kesehatan masyarakat dan lingkungan. Paket–paket tersebut berisi benih tanaman pangan, benih sayuran, benih hortikultura, benih tanaman hias dan tanaman obat, produk herbal, telur reptil, tanduk rusa, daging sapi dan nugget.

Tindakan pemusnahan dilakukan sebagaimana disebutkan di atas merupakan amanat dari UU No. 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan, Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2002 tentang Karantina Tumbuhan dan Peraturan Pemerintah No. 82 Tahun 2000 tentang Karantina Hewan. Pemusnahan dilakukan sebagai upaya untuk mencegah masuk dan tersebarnya Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dan Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK). Hal ini juga sesuai dengan visi dan misi SKP I Bandung yaitu “Menjadi UPT Karantina yang Tangguh dan Terpercaya dalam Melindungi Kelestarian SDA Hayati Hewan dan Tumbuhan, Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati serta Keamanan Pangan di Propinsi Jawa Barat dan Wilayah Sekitarnya”.

Paket–paket MP yang dimusnahkan merupakan tangkapan petugas karantina sejak bulan Januari hingga bulan Juli 2016 hasil kerjasama dengan petugas Bea Cukai yang ada di Hanggar Kantor Pos MPC Bandung dan Bandara Husein Sastranegara Bandung. Pemusnahan dilakukan dengan cara pembakaran di dalam incenerator yang berada di halaman kantor SKP I Bandung dengan disaksikan oleh petugas Bea Cukai, petugas Kantor Pos dan perwakilan dari PT. East West Seed Purwakarta. (abh).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*